Kamis, 02 Februari 2012

Cara membuat password yang aman dengan 5 langkah

Password merupakan salah satu elemen penting namun sering dilupakan oleh pemiliknya karena dianggap sepele.

Password secara umum merupakan data atau tulisan yang berfungsi sebagai otentifikasi user untuk mengakses suatu informasi tertentu dari website.

Apakah password penting ? Sangat penting karena password bisa diibaratkan sebuah kunci rumah dimana kunci tersebut dipergunakan pemiliknya untuk bisa mengakses masuk dan keluar rumah secara bebas.

Bagaimana jika password diambil orang ? Sangat bahaya sekali apalagi jika password dari user yang diambil memiliki akses untuk masuk ke dalam informasi yang sangat penting.

Bagaimana cara membuat kombinasi password yang baik dan aman ? Cara membuat kombinasi password sebenarnya sangat mudah dan gampang, hanya saja banyak dari softholic mania mungkin belum mengetahui tekniknya.

Oleh karena itu saya akan menjelaskan cara membuat kombinasi password yang aman hanya dengan 5 langkah.

1. Langkah pertama adalah buat nama password yang mudah diingat
Ex : nama kota kelahiran, nama hewan peliharaan, ataupun nama orang yang softholic mania anggap istimewa.
2. Jika softholic mania sudah mendapatkan nama yang mudah diingat, usahakan panjang dari nama tersebut > 10 karakter. Pada contoh kali ini saya akan membuat password dengan nama kota kelahiran saya yaitu : jakarta
Ex : jakarta (7 karakter) < 10 maka password dianggap kurang layak dan harus mengalami perubahan. Ex : kotajakarta (11 karakter) > 10 karakter, password dianggap layak
3. Langkah selanjutnya adalah softholic mania harus memasukan kombinasi huruf besar (uppercase) dan huruf kecil (lowercase)
Ex : KoTaJAkaRta
4. Selain mempergunakan kombinasi huruf besar dan huruf kecil, password juga harus memiliki kombinasi angka.
Ex : K0TaJ4kaRta
5. Langkah terakhir yang harus softholic mania lakukan adalah menambah simbol ataupun karakter khusus seperti (!, @, #, $, %, ^, &, *, (, ), -, +, /, =, ?, dan sebagainya).
Ex : K0T@?4kaRta

Cukup mudah bukan 5 langkah membuat kombinasi password yang aman, silahkan softholic mania mempergunakan cara diatas untuk membuat password account yang dianggap penting.
Related Posts

* Cara mematikan komputer dengan command prompt
* Pasang screen saver komputer anda sekarang juga !
* Memunculkan user administrator pada windows 7
* Cara menghapus recent item list pada windows 7
* Kenapa defrag komputer harus dilakukan ?
* SHIFT + Delete vs Delete ?

Tags: Informasi, password, Tips, Trik, tutorial

This entry was posted on Saturday, December 10th, 2011 at 1:30 am and is filed under Security, Tips komputer. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar